Pages

Friday, July 1, 2011

10 korban KM Bahagia I selamat

MEDAN - Sejumlah sepuluh orang korban Kapal Motor Bahagia I yang tenggelam akibat diterjang ombak di Perairan Selat Malaka, Rabu (29/6) malam, ditemukan selamat setelah ditolong oleh kapal tanker berbendera Inggris, MV Jasmine Sea.

"Jumlah seluruh penumpang KM Bahagia I sebanyak 10 orang dan mereka semuanya kini telah kami serahkan kepada Tim SAR Kota Medan di dermaga Pelabuhan Internasional Belawan," kata staf Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Stasiun Belawan Poniman, sore ini.

Kapal Motor (KM) M Bahagia I yang dinahkodai Alamsyah (48), lanjut dia, tenggelam akibat diterjang ombak setinggi hampir tiga meter di sekitar 15 mil laut dari Pulau Berhala saat dalam perjalanan dari Pelabuhan Port menuju Pelabuhan Langsa, Aceh.

"Berdasarkan penuturan dari anak buah kapal Bahagia I, beberapa saat sebelum kapal mereka tenggelam, dinding bagian depan kapal itu rusak parah dan jebol akibat dihantam ombak," ujar Poniman.

Di tengah situasi yang cukup mencemaskan itu, kata dia, nakhoda beserta sembilan orang awak KM Bahagia I segera melompat ke laut dengan menggunakan pelampung. Setelah selama hampir 12 jam terkatung-katung di sekitar perairan Selat Malaka, katanya, seluruh penumpang kapal naas itu akhirnya berhasil diselamatkan kapal tanker MV. Jasmine Sea.

Kapal tanker berbendera Inggris itu selanjutnya mengantar seluruh korban kapal karam tersebut hingga ke perairan Lampu I Belawan. Poniman membenarkan, ombak di sebagian perairan Selat Malaka dan hampir di sepanjang perairan timur Sumatera Utara (Sumut) hingga kini relatif buruk, sehingga rawan menimbulkan kecelakaan laut. "Kondisi cuaca di perairan Selat Malaka dan sekitarnya relatif buruk dan ketinggian ombak bisa mencapai hingga tiga meter," ujar dia.

Sumber: http://www.waspada.co.id/

No comments: